Heboh 29 Obat Sirup Ditarik Terkait Gangguan Ginjal Akut Misterius, Kemenkes Akhirnya Buka Suara, Apa Katanya?

Sugeng rawuh Kmsnorton di Website Kami!

kmsnorton – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menuliskan daftar 29 obat sirup yang ditarik dari pasaran, terkait gagal ginjal akut novel atau gangguan ginjal akut. Heboh 29 Obat Sirup Ditarik Terkait Gangguan Ginjal Akut Misterius, Kemenkes Akhirnya Buka Suara, Apa Katanya?

Direktur Biro Komunikasi Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan timnya masih melakukan penelitian mendalam mengenai apa saja penyebab gangguan ginjal serius, sehingga daftar obat sirup yang dikeluarkan dari produk tersebut belum dapat dipastikan kebenarannya. , dan tidak berasal dari Kementerian Kesehatan. China Laporkan Kasus Kematian Wanita yang Tertular 2 Virus Flu Burung

“Entahlah, ini (daftar) bukan dari Kementerian Kesehatan,” kata Nadia dalam keterangan yang diterima kmsnorton, Rabu (20/10/2022).

Daftar yang beredar di masyarakat hingga viral ini berisi daftar obat cair yang paling banyak beredar di pasaran, bahkan yang digunakan sehari-hari, ini daftarnya: Sekretaris Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi – (SuaraJogja.id /Hiskia Andika)Bodrexin Fever Orange 60mlConidin Obh Sachet 5x7mlMylanta Liquid 50mlOBH Combi Batuk Dahak 100mlPolysilane Suspension 100mlPromag Suspension 60mlPromag ParacetamolTmldaha 5×7.5mlPromag Liquid Sachet 7ml (D h) Panadol Raspberry untuk anak Antimo Sachet Jeruk Anak 30ml 5ml Combantrin New Orange 10ml Komix Obh 5x7mlProris Sirup Jeruk 60mlSiladex Batuk Berdahak 60mlWoods’ Cough Expectorant 60mlBisolvon Extra Menthol 60mlNellco Special Obh cks Fyo-berry Fyo-45ml 45ml. mlVicks F-44 Sirup 54mlWoods Batuk Antitusif 60ml  Ekspektoran aktif 60mlNellco Special Obh 100mlOBH Combi Anak P Straw 60mlOBH Combi Batuk Flu Mtl100ml  OBH Tropica Anak Strawberry 60mlThermorex Plus 60ml Botol.

Temuan Utama Pelayanan Kesehatan

Sementara itu, beberapa Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memaparkan temuan awal dari penelitian, bahwa di dalam tubuh penderita penyakit ginjal berat terdapat 3 bahan kimia di dalam tubuhnya yaitu etilen glikol, dietilen glikol, dan glikol eter atau PARTY.

“Kementerian Kesehatan telah menyelidiki bahwa pasien balita yang menderita AKI (cedera ginjal akut) ditemukan memiliki 3 bahan kimia berbahaya (etilen glikol-EG, dietilen glikol-DEG, etilen glikol butil eter-EGBE),” kata Menkes. Kesehatan Budi.

Dietilen glikol adalah bahan kimia yang digunakan sebagai gliserin atau bahan tambahan lain yang banyak digunakan dalam sirup obat batuk. Disinfektan ini juga digunakan sebagai pengawet. Heboh 29 Obat Sirup Ditarik Terkait Gangguan Ginjal Akut Misterius, Kemenkes Akhirnya Buka Suara, Apa Katanya?

Sedangkan etilen glikol merupakan bahan kimia yang tidak berwarna dan tidak berbau, serta sangat beracun jika tertelan.

Kemudian glikol eter berbentuk cairan bening, ringan dengan bau yang menyengat. Seperti etilen dan dietilen, bahan kimia ini juga berperan sebagai pelarut dalam air, dapat dicampur dengan minyak dan sabut, dan umumnya digunakan sebagai tinta, cat, atau deterjen.