Ikut Kursus Gratis Membawa Barista Ini Sukses Buka Kedai Kopi di Bandung

Sugeng rawuh Kmsnorton di Portal Ini!

JAKARTA – Kedai kopi di Indonesia kini semakin banyak. Tak sedikit pula generasi muda Tanah Air yang menjadi wirausaha baru di bisnis kuliner. Ikut Kursus Gratis Membawa Barista Ini Sukses Buka Kedai Kopi di Bandung

Begitu pula lulusan program Pendidikan Keterampilan Kewirausahaan (PKW) Direktorat Kursus dan Pelatihan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ristek Giri Alamsyah.

Barista paruh waktu Terbukti Lakukan Kekerasan Seksual, Ketua BEM UI Nonaktif Diskorsing 1 Semester

Sebelum mengikuti PKW 2023 di Lembaga Kursus dan Pelatihan (PKW) Sugeng Sejahtera, Giri merupakan seorang barista yang bekerja paruh waktu di salah satu kedai kopi di Bandung.

Baca Juga: Peluang Kerja di Industri Sandang, Lulusan SMK Bisa Pilih 5 Profesi Ini

Setelah beberapa lama bekerja sebagai barista, Giri sudah memiliki pengetahuan dasar tentang kopi dan tidak ingin selamanya menjadi pekerja, melainkan membuka kafe sendiri.

Kursus 2 bulan untuk wirausaha

Giri pun memulai langkah awal menjadi wirausaha muda dengan mengikuti program PKW yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan selama dua bulan.

“Sebelumnya saya bekerja paruh waktu sebagai barista di sebuah kedai kopi di Kota Bandung, namun saya juga ingin membuka kedai kopi sendiri. Jadi saya mengambil kursus program PKW gratis di LKP Sugeng,” ujarnya., dikutip dari website Direktorat Jenderal Vokasi, Minggu (28/1/2024).

Di sini Giri juga memperdalam ilmunya tentang kopi dan berbagai jenis olahan kopi seperti kopi latte, kopi Vietnam tetes, espresso dan masih banyak lagi.

Ia tidak hanya mengetahui tentang kopi saja, namun ia juga mempelajari seluk beluk dunia usaha karena program tersebut sejatinya diciptakan untuk mendatangkan wirausaha-wirausaha baru yang berkelanjutan.

“Saya dan teman-teman belajar untuk memiliki sikap wirausaha, kami belajar tentang kemampuan dan sikap kepemimpinan, tentang kolaborasi, tentang kiat-kiat memanfaatkan peluang untuk mengembangkan bisnis minuman kopi, tentang menyusun rencana awal bisnis, tentang mengelola keuangan bisnis, tentang digital marketing bahkan cara menambah modal untuk pengembangan usaha melalui Bank BRI,” ujarnya.

Dari barista hingga pemilik kafe Ikut Kursus Gratis Membawa Barista Ini Sukses Buka Kedai Kopi di Bandung

Berbekal peralatan ngopi gratis dari program PKW, Giri berangkat membuka kafe di halaman belakang rumahnya. Berlokasi di kawasan Gegerkalong, Bandung, Jawa Barat, Gigir Coffee dibuka.

Sementara itu, usahanya telah berjalan selama enam bulan dan menerima pelanggan tidak hanya di lingkungan sekitar tetapi juga di daerah lain setiap hari.

Baca juga: Kisah Ibnu, Lulusan Kursus yang Kini Bekerja Sebagai Ground Crew Garuda Indonesia